Hukum I Termodinamika pada Manusia


     Kita bisa menerapkan hukum pertama termodinamika pada manusia, hal ini bertujuan agar manusia dapat bertahan hidup, setiap makhluk hidup, baik manusia, hewan atau tumbuhan tentu saja membutuhkan energy. Kita tidak bisa belajar, jalan-jalan atau berolahraga kalau tubuh kita lemas tak berdaya karena kekurangan energy. Biasanya tubuh memperoleh energy dari makanan. Ketika menyantap makanan, kita membawa energy potensial kimia yang terkandung dalam makan ke dalam tubuh. Adanya tambahan energy dari makanan yang menyebabkan energy potensial kimia tubuh kita bertambah (  bertambah ).
Selanjutnya energy tersebut dipakai untuk melanjutkan Kerja (W). Banyak sekali bentuk kerja yang kita lakukan, olahragam jalan-jalan, belajar dan lain sebagainya. Energi yang kita peroleh dari makanan juga digunakan tubuh untuk menghasilkan sel-sel yang baru membuat dirimu bisa bertambah tinggi dan gemuk.

Selain di pakai untuk melakukan kerja, sebagian energy terbuang ke luar tubuh(udara dan sekitarnya) dalam bentuk kalor alias panas. Setiap proses metabolisme dalam tubuh biasanya menghasilkan kalor atau panas. Demikian juga ketika melakukan kerja, tubuh terasa panas. Panas alias kalor tersebut dibuang melalui keringat(melalui proses penguapan) dan lain-lain. Setelah melakukan kerja dan membuang-buang kalor ke luar tubuh kita bahwa stok energy dalam berkurang. Dan kita akan menambah energy dengan makanan.

0 komentar:

Posting Komentar